menjadikan manusia produktif dan efektif

Apakah rahasia menjadi manusia yang efektif dan produktif?

Dalam buku The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen Covey menjelaskan tujuh kebiasaan manusia yang efektif.

Untuk memudahkan Anda memahami tujuh kebiasaan tersebut, berikut presentasi inspiratif yang membahasnya secara menarik. Jika Anda menerapkan ketujuh kebiasaan tersebut, maka hampir dapat dipastikan Anda akan menjadi manusia yang efektif dan produktif. Silakan simak presentasi berikut kemudian Anda bisa membaca penjelasannya.

 bayi-sukses

1. Be Proactive – Jadilah Manusia Proaktif

Menjadi manusia proaktif berarti Anda secara sadar mengambil tanggung jawab atas kehidupan Anda sendiri. Dalam setiap situasi, Anda akan mempertimbangkan kondisi yang dihadapi kemudian mengambil keputusan.

Orang yang proaktif akan menjalankan setiap keputusan yang dia ambil dan berusaha menjalankannya sebaik mungkin. Ketika bekerja dia akan fokus pada pekerjaannya dan sebaliknya jika dia memilih bersantai dia akan menikmati masa santainya.

Orang proaktif tidak akan menyalahkan keadaan. Sebab tidak selamanya situasai dan kondisi selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kondisi yang dihadapi tidak nyaman, orang proaktif akan mencari cara untuk mengubahnya.

Orang proaktif memusatkan perhatian pada apa yang bisa diperbaiki. Mereka tidak menyalahkan masa lalu. Melainkan mereka menjalani apa yang ada di tangan mereka saat ini dan bagaimana melakukannya sebaik mungkin.

2. Begin With The End In Mind – Mulailah Segala Sesuatu Dengan Gambaran Akhirnya

Memulai sesuatu dengan gambaran akhir berarti ketika Anda ingin mengerjakan sesuatu, Anda mampu menggambarkan hasil akhir yang ingin dicapai dengan jelas. Dengan demikian, setiap tindakan akan memiliki visi dan tujuan yang jelas.

Apapun yang kita lakukan sesungguhnya melewati dua fase penciptaan.

Pertama kita ciptakan di alam mental. Kita membayangkan bagaimana bentuk akhir dari sesuatu yang ingin kita ciptakan atau sesuatu yang ingin kita lakukan. Kedua menciptakannya di alam nyata. Setelah kita punya gambaran, selanjutnya kita membuatnya menjadi kenyataan.

Contoh paling sederhana adalah seorang insinyur yang membangun gedung tinggi. Dia akan menyiapkan gambar kerja secara lengkap sebelum membangunnya. Dengan demikian insinyur tersebut tahu betul apa yang harus dia kerjakan, bagaimana mengerjakannya dan bagaimana hasil akhir yang ingin dia dapatkan.

3. Put First Things First – Selalu Dahulukan Yang Lebih Utama

Setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai persoalan. Diantara berbagai persoalan tersebut ada yang lebih utama antara satu dengan lainnya.

Manusia produktif akan fokus pada prioritas. Mereka sadar tidak semua hal yang ada bisa kita selesaikan. Karena itu mereka betul-betul menilai mana urusan yang paling penting kemudian mendahulukannya.

Jika urusan penting dan besar telah selesai, baru mereka berpindah ke urusan yang lebih kecil. Dengan demikian, energi mereka akan fokus untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih utama terlebih dahulu. Mereka melakukan hal-hal yang membawa perubahan besar jika dilakukan.

Adapun urusan yang lebih kecil, seharusnya ditempatkan pada prioritas selanjutnya jika urusan besar telah selesai.

4. Think Win-Win – Berpikirlah Menang-Menang, Bukan Menang-Kalah

15875806-the-words-you-win-under-a-gavel-to-symbolize-a-legal-victory-in-a-court-case-or-proceeding

Kebiasaan keempat manusia efektif berpikir menang-menang bukan menang kalah.

Setiap orang punya kepentingan. Saya punya kepentingan, Anda punya kepentingan, begitu juga orang lain. Kebiasaan berpikir menang-menang adalah berusaha untuk mencari jalan terbaik buat kedua belah pihak meskipun keinginan dan kepentingan kita berbeda.

Orang yang berpikir menang-menang akan selalu mengutamakan kerjasama, sifat kooperatif dan menguntungkan kedua belah pihak.

Jika ini bisa dilakukan maka baik Anda maupun orang yang melakukan sesuatu bersama Anda akan menjalankannya dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Kenapa? Karena kita tahu bahwa tindakan tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak.

5. Seek First To Understand, Then To Be Understood – Pahami Orang Lain Dulu, Baru Mereka Memahami Anda

Memahami orang lain terlebih dahulu sebelum orang lain memahami Anda. Orang bijak mengatakan, kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Keterampilan mendengarkan atau “listening” menjadi penting buat semua orang, terutama jika Anda seorang pemimpin. Karena itu cobalah dengarkan orang lain terlebih dahulu.

Mendengarkan di sini bukan sekedar dengar, melainkan berusaha memahami sudut pandang orang lain dan mengapa mereka berpandangan demikian. Jangan bersikap egois ingin selalu dimengerti.

Kebiasaan manusia efektif adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu sehingga kemudian orang lain pun bisa memahami diir kita.

6. Synergize – Lakukan Sinergi Dengan Orang Lain

synergy

Lakukan sinergi dengan orang lain.

Orang efektif akan selalu bersinergi dengan pasangannya, rekan kerja, dan masyarakat di sekitarnya.

Apa itu sinergi?

Kita menggabungkan kekuatan diri kita dengan kekuatan orang lain untuk berkarya, demi kemajuan bersama. Bukan untuk bersaing atau saling menjatuhkan.

7. Sharpen The Saw – Asahlah Gergaji Agar Senantiasa Tajam dan Berfungsi Baik

Anda menggunakan fisik, pikiran dan mental dalam melakukan berbagai aktivitas. Agar senantiasa efektif, Anda perlu mengasah gergaji-gergaji tersebut sehingga selalu tajam dan berfungsi dengan baik.

Mengasah gergaji berarti memelihara dan memperbaharui aset terbesar: diri sendiri

Ada empat aspek yang perlu selalu kita asah:

  • Fisik: memastikan fisik yang prima lewat istirahat yang cukup, menjaga kebugaran tubuh lewat olahraga, dan tindakan lainnya.
  • Sosial/Emosional: memastikan hubungan sosial yang baik dengan keluarga, dan orang-orang di sekitar kita.
  • Mental: menjaga aspek psikis dengan cara mengelola stress yang mungkin muncul akibat tekanan kerja.
  • Spiritual: memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan untuk selalu membimbing kita dalam setiap langkah

Dengan kebiasaan terakhir ini, akan membuat Anda bisa terus melakukan enam kebiasaan efektif lainnya.

Itulah tujuah kebiasaan yang jika Anda lakukan akan mengantarkan Anda menjadi manusia Efektif dan Produktif.

Sumber ; http://www.presentasi.net

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: